Sabtu, 10 Maret 2012


 Cheacilia Yurika/10/IX B
Search Engine (Mesin Pencari) 



            Apa itu Search Engine ? Search Engine (mesin pencari) merupakan salah satu fasilitas yang diakses menggunakan browser untuk mencari informasi tertentu secara cepat di internet. Search Engine menyediakan pencarian informasi menggunakan kata kunci (keyword).

         Ada banyak situs penyedia search engine di internet, beberapa di antaranya adalah Google, Yahoo!, Live Search, Webcrawler, Looksmart, MSN, dan Wisenut. Semua search engine di situs-situs tersebut memiliki prosedur penggunaan yang sama, yaitu ketik kata kunci kemudian tekan tombol Enter. Berikut ini adalah Search Engine yang sering kita jumpai di internet :
1)  Google
           Google adalah situs mesin pencarian di internet yang mempunyai misi untuk memberikan pengalaman pencarian di Internet yang terbaik dengan mewujudkan informasi dunia yang mudah diakses dan bermanfaat. Google pembuat mesin pencarian terbesar di dunia, menawarkan kecepatan, kemudahan pencarian informasi di internet. Dengan mengakses lebih dari 1.3 milyar halaman web, Google mengantarkan hasil yang relevan dengan semua pemakai di seluruh dunia kurang dari setengah detik. Sampai hari ini, Google telah merespon lebih dari 100 juta permintaan pencarian dalam sehari.
           Google didirikan tahun 1999 oleh Dua mahasiswa Ph.D. dari Stanford, Larry Page dan Sergey Brin. Perusahaan pribadi itu mengumumkan pada bulan Juni 1999 bahwa perusahaan itu telah memiliki sumber pendanaan sebesar $25 juta. Sumber pendanaan perusahaan meliputi Kleiner Perkins Caufield & Byers dan Sequioa Capital. Google menyajikan layanan melalui situs publik miliknya, http://www.google.com. Perusahaan juga menawarkan solusi pencarian web secara co-branded untuk para penyedia informasi. Google memiliki kelebihan dan kekurangan, diantaranya :

KELEBIHAN :
  1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari. 
  2. Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya. 
  3. Tampilan yang sederhana. 
  4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memiliki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan. 
  5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
KEKURANGAN :
  1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa terganggu.

2)  Yahoo!
           Yahoo! adalah site pertama yang berusaha mengatalogkan web, menawarkan daftar direktori dari setiap site penting, kemudian terlahir kembali sebagai web portal yang menggabungkan direktori dengan pencarian, berita, IM, e-mail dan jasa-jasa lainnya. Yahoo! ditemukan dan diluncurkan pada tahun 1994 oleh dua orang mahasiswa bernama David Filo dan Jerry Yang. Pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994. 
           Awalnya Yahoo! bernama “Jerry and David’s Guide to the World Wide Web” dan pada April 1994 diganti menjadi : “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” atau disingkat Yahoo!, yang artinya "Satu tempat bertanya segala tahu yang disusun bertingkat dan hirarkis".
           Walaupun sekarang adalah masa kejayaan Google, tetapi masa-masa bersejarah dimana Yahoo berkuasa tidak akan pernah hilang dari sejarah. Yahoo! beralamat di http://www.yahoo.com Yahoo! internasional berbahasa Inggris atau http://id.yahoo.com untuk Yahoo! berbahasa Indonesia.
Yahoo! memiliki kelebihan dan kekurangan antara lain :

KELEBIHAN :
  1. Cara surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju 
  2. Salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis 
  3. Salah satunya pun yang anda bilang, bila di refresh cepat 
  4. Banyak fasilitas yang disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2 
  5. Sudah ada di banyak negara 
  6. Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang. 
  7. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari. 
  8. Fiturnya yang komplit. 
  9. Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalogweb. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas. 

KEKURANGAN :
  1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn 
  2. Terlalu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang di salah gunakan 
  3. Fitur Y!M masih sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows 
  4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak 
  5. Loadingnya membutuhkan waktu yang lama 
3)  Live Search
      Live Search adalah mesin pencari web dari Microsoft. Saat ini, itu adalah yang paling banyak digunakan ketiga mesin pencari di Amerika Utara setelah Google dan Yahoo!. Awalnya bernama MSN Search, Live Search diluncurkan pada musim gugur 1998l. Pada awalnya, digunakan hasil pencarian yang disediakan oleh Inktomi, sebuah mesin pencari yang telah dikembangkan oleh profesor UC Berkley sebuah di pertengahan-1990 s. Inktomi kemudian bangkrut di dot.com bust 2000-2001 dan kemudian diakuisisi oleh Yahoo!.
               Pada awal 1999, versi MSN Search yang diluncurkan ditampilkan daftar dari Looksmart (a iklan pencarian jaringan dan manajemen perusahaan solusi berbasis di San Francisco yang menyediakan produk dan layanan iklan pencarian untuk pengiklan teks, serta ditargetkan bayar per-klik pencarian dan iklan kontekstual) dalam kombinasi dengan hasil dari Inktomi kecuali untuk waktu yang singkat pada tahun 1999 ketika hasil dari AltaVista s mesin pencari yang digunakan bukan. Namun kemudian Microsoft MSN Search ditingkatkan untuk menyediakan sendiri dibangun Microsoft-hasil mesin pencari (daftar alamat web dengan sampel konten yang memenuhi permintaan pengguna s), indeks yang diperbarui secara teratur. Live Search beralamat di http://www.livesearch.com


4)  WebCrawler
      WebCrawler adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajah serta mengumpulkan halaman-halaman web yang selanjutnya diindeks oleh mesin pencari (Gatial E,2005). Desain sebuah web crawler harus dapat memenuhi berbagai tujuan yang kadang saling berbenturan, seperti kualitas halaman yang diambil, penyebaran dan pengurangan beban jaringan, kecepatan pengambilan, serta pada saat yang bersamaan tidak membebani server situs yang dikunjungi. WebCrawler juga sering dikenal dengan nama web spider atau web robot, yaitu salah satu komponen penting dalam arsitektur sebuah mesin pencari modern. Fungsi utama WebCrawler adalah untuk melakukan penjelajahan dan pengambilan halaman-halaman web yang ada di internet. Hasil pengumpulan situs web selanjutnya akan diindeks oleh mesin pencari sehingga mempermudah pencarian informasi di internet.
              WebCrawler memulai kerjanya dengan mengunjungi situs yang sebelumnya alamat situs tersebut sudah diidentifikasikan di dalam sebuah database penyimpanan alamat atau yang disebut dengan seeds atau frontier url. Dalam kerjanya, web crawler melakukan proses validasi terhadap HTML code dan tautan yang ditemukan pada situs yang dikunjungi. Setelah melakukan validasi, halaman web dan tautan tersebut didownload kemudian diparsing ke dalam tempat penyimpanan utama. Data yang dibawa oleh web crawler secara sederhana hanya berupa text dan metadata. Sedangkan data tautan yang ditemukan pada halaman web yang dikunjungi akan ditempatkan pada seeds (tempat penyimpanan data URL) masuk ke dalam antrian kunjungan selanjutnya web crawler. Secara simultan web crawler mengunjungi situs-situs yang alamatnya terdapat di dalam antrian sampai data URL habis atau dihentikan oleh administrator. WebCrawler ini beralamat di http://www.webcrawler.com. WebCrawler memiliki kelebihan dan kekurangan diantaranya :
 KELEBIHAN :
  1. Mengetahui lebih detail tentang sebuah situs
  2. Mampu mengeksplorasi rincian informasi sebuh situs dengan cepat
KEKURANGAN :
  1. Halaman-halaman yang lamban saat dipanggil mungkin dilewati begitu saja
  2. Kurang efisien saat mengeksplorasi


  5)  Looksmart
 Looksmart lebih merupakan direktori dibayar dari mesin pencari benar. Akan sangat untuk akurat untuk mengatakan ini bukan, atau di antara keduanya. Namun, mereka telah berhasil "index" 2,5 juta halaman dan memiliki lebih dari 250.000 kategori. Setiap halaman yang dikembalikan dalam hasil pencarian mirip dengan Pay-Per-Click (PPC) iklan. Ini berarti bahwa situs yang diserahkan halaman setuju untuk membayar Looksmart jumlah tertentu (.15/minumum.) Jelas, jumlah situs bersedia membayar memiliki beberapa bantalan pada penempatan mereka dalam daftar hasil.
           Namun, seperti Looksmart bukan direktori yang benar PPC baik, membayar 'tawaran' tertinggi tidak akan menjamin Anda penempatan tertinggi pada daftar hasil. Seperti mesin pencari benar, halaman Anda harus dioptimalkan sesuai dengan frasa kunci yang ditargetkan untuk mendapatkan hasil maksimal (dalam hal ini) dari uang Anda. Dengan cara ini Looksmart berupaya untuk mencapai keseimbangan antara apa situs bersedia membayar untuk dilihat, dan membantu pencari menemukan informasi, produk atau jasa yang mereka benar-benar cari.
             Jika Anda ingin peringkat tinggi di Looksmart, peraturan yang biasa berlaku untuk membuat halaman dengan dioptimalkan satu menangkap. Bukan hanya menganalisis kode HTML Anda, Looksmart menghasilkan peringkat berdasarkan judul user-diajukan dan deskripsi. Situs juga diperkenankan untuk memilih hingga 10 Informasi yang dikirim Looksmart harus dipilih dengan perawatan yang sama, dan jumlah yang sama penelitian yang diperlukan untuk benar mengoptimalkan halaman untuk search engine lain "kata relevansi kunci". Adalah penting bahwa setiap orang yang ingin mengirimkan situs mereka untuk Looksmart mempersiapkan informasi yang diperlukan di muka. Looksmart ini beralamat di http://www.looksmart.com


6)   MSN

Microsoft Network atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft dan diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista.
        
    Bagian-bagian dari MSN adalah Hotmail, Windows Messenger, My MSN, MSN Videos, dan Download IE8. MSN kini tersedia dalam semua bahasa di dunia.
              Pada awalnya MSN dikuasai oleh Yahoo! dan mereka berniat untuk mempunyai pencarian produk tersebut pada tahun 2004 dan telah menyebarkan beberapa dokumen penelitian ini tidak pasti jika tidak akan dibantu oleh algoritma.
             Windows Live Messenger merupakan salah program pengirim pesan instan yang awalnya bernama MSN Messenger lalu Windows Messenger. Program ini diluncurkan oleh Microsoft sebagai pengganti MSN Messenger pada tanggal 19 Juni 2006.
            Windows Live Hotmail, atau lebih dikenal dengan Hotmail adalah layanan email gratis popular dari Microsoft, bagian dari layanan-layanan Windows Live. Versi terbaru ini diumumkan pada tanggal 1 November 2005 sebagai update dari layanan MSN Hotmail yang sudah ada. Setelah diluncurkannya versi beta, Windows Live Hotmail diluncurkan secara resmi pada tanggal 7 Mei 2007. 
            MSN Videos adalah situs web yang digunakan untuk mencari video tertentu, sama seperti YouTube. Tetapi pertama pengguna harus menentukan negara dan bahasanya, seperti negara Indonesia dengan bahasa Inggris. dan satu lagi yaitu MSN Image. MSN ini beralamat di http://www.msn.com. MSN memiliki kelebihan dan kekurangan diantaranya :
KELEBIHAN :
  1. mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial. 
KEKURANGAN :
  1. Pencarian. Pencarian ini dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN. 
  2. Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.


7)  Wisenut


Searchenginesshowdown.com pada awal Maret 2002 menyatakan bahwa banyaknya informasi atau situs yang ditampung oleh database Wisenut.com adalah sekitar 579 juta buah. Sedangkan Wisenut.com mengklaim sekitar 1,5 miliar buah yang telah masuk dalam databasenya. Wisenut.com, sebagaimana layaknya sebuah search engine generasi terbaru, bebas dari banner iklan dan aneka image yang memberatkan. Tampilannya yang sederhana mempercepat mengaksesan halaman depan dan proses penampilan hasil yang dicari. Wisenut.com mampu mencari informasi ke konten dengan 25 bahasa dunia yang berbeda, tetapi tidak ada bahasa Indonesia.
          Encoding languange Wisenut.com juga mampu beralih ke 21 kode bahasa. Wisenut.com dilengkapi pula dengan fasilitas WiseWatch, yang fungsinya untuk melakukan pemfilteran konten-konten pornografi (www.wisenut.com/preferences). Search engine yang secara resmi diluncurkan pada September 2001 ini menyediakan pula form isian bagi orang yang ingin mencantumkan situsnya ke dalam database (www.wisenut.com/submitsite.html).
Wisenut memiliki kelebihan dan kekurangan antara lain :
KELEBIHAN :
  1. Situs yang ditampung oleh database ini sekitar 579 juta buah. 
  2. Terdapat 21 bahasa dunia yang berbeda tetapi bahasa Indonesia belum ada. 
  3. Bebas dari banner iklan dan aneka image yang memberatkan. 
  4. Menyediakan form isian untuk mencari database yang diinginkan. 
  5. Adanya pemfilteran terhadap situs-situs pornografi.
KEKURANGAN :
  1. Tidak ada bahasa Indonesia